August 7, 2020

INFO BOLA

Seputar Bola

Gol Messi di Laga Villarreal vs Barcelona Dianulir VAR, Setien Makin Paham

Infobola.info – Pelatih Barcelona, Quique Setien, makin paham fungsi dan tugas Video Assistant Referre (VAR). Pemahaman itu didapatkan Setien setelah gol Lionel Messi yang dicetak dalam laga Villarreal vs Barcelona pada menit 69 dianulir oleh VAR.

Terhitung sejak musim 2018-2019, VAR diterapkan di Liga Spanyol. Pro dan kontra seing muncul perihal penggunaan teknologi siaran ulang tersebut. Dengan adanya alat ini, wasit terbantu sebelum mengambil keputusan yang terkadang sangat krusial.

Baca juga : Southampton vs Man City, Bernardo Silva Kecewa dengan Hasil Akhir

Barcelona menjadi kubu yang dirugikan akibat adanya VAR dini hari tadi. Dalam laga yang digelar di Estadio El Ceramica dini hari tadi, Messi yang sepanjang pertandingan membuat dua shot on target melesakkan bola ke gawang Villarreal kawalan Sergio Asenjo pada menit 69.

Hanya saja, gol yang dibuat Messi dianulir wasit Carlos del Cerro Grande yang memimpin jalannya pertandingan. Sebab, sebelum Messi melesakkan bola, gelandang andalan Barcelona Arturo Vidal terlihat sudah berada dalam posisi offside. Alhasil, usaha Messi menjadi sia-sia akibat fakta yang diungkap oleh VAR tersebut.

“Saya semakin mengerti VAR. Saya pikir kami memiliki alat yang membuat sepakbola lebih adil. Meski begitu, penilaian di setiap insiden akan berbeda-beda. Karena itu, wasit mesti menyaksikan secara berulang-ulang,” kata Setien mengutip dari Marca, Senin (6/7/2020).

Meski gol Messi di menit 69 dianulir wasit, Blaugrana –julukan Barcelona– tetap menang besar atas Villarreal. Setelah melalui 90 menit pertandingan, Barcelona menang 4-1 atas Villarreal racikan Javier Calleja. Gol-gol Barcelona dicetak bunuh diri Pau Torres pada menit ketiga, Luis Suarez (20’), Antoine Griezmann (45’) dan Ansu Fati (86’). Sementara itu, gol tunggal Villarreal dikemas Gerard Moreno di menit 14.

Berkat kemenangan ini, Barcelona masih menjaga asa menjuarai Liga Spanyol 2019-2020. Hingga pekan ke-34, Barcelona duduk di posisi dua klasemen sementara Liga Spanyol 2019-2020 dengan raihan 73 angka, terpaut empat poin dari Real Madrid di puncak klasemen.

Baca juga : Dipercaya Menjadi Trequartista, Paqueta: Ini Saya yang Sebenarnya

Raihan empat poin sebenarnya cukup jauh, namun masih bisa dikejar mengingat masih ada empat pertandingan yang dijalani Madrid dan Barcelona. Selanjutnya, Barcelona akan menjamu Espanyol di pekan ke-35 Liga Spanyol 2019-2020 pada Kamis 9 Juli 2020 dini hari WIB.

Wajib bagi Barcelona memenangkan laga tersebut. Sebab, jika terpeleset atau bahkan mengalami kekalahan, gelar juara hampir pasti digapai Madrid. Sekadar informasi, Madrid semakin dekat dengan gelar juara pada pekan ke-35 jika menang atas Deportivo Alaves pada Sabtu 11 Juli 2020 dini hari WIB, dan dua hari sebelumnya Barcelona tumbang atau bermain imbang dengan Espanyol.

Jika menjadi juara, Madrid semakin memantapkan diri sebagai tim tersukses di Liga Spanyol. Sekadar informasi, saat ini Madrid masih tercatat sebagai tim tersukses di Liga Spanyol dengan raihan 33 gelar, unggul tujuh trofi dari Barcelona di tempat kedua.