August 7, 2020

INFO BOLA

Seputar Bola

Harry Maguire Memang Bek yang Dibutuhkan Man United

Infobola.info – Eks pemain belakang Manchester United, Gary Pallister, menilai Harry Maguire bukan tipe kapten kharismatik layaknya Steve Bruce atau Roy Keane. Namun, bek berkebangsaan Inggris itu tetap sosok yang dibutuhkan di jantung pertahanan Setan Merah.

Seperti diketahui, Harry Maguire didatangkan Man United pada musim panas 2019 dengan mahar senilai 80 juta poundsterling (setara Rp1,52 triliun). Dalam waktu singkat, pemain berusia 27 tahun itu langsung menjadi bagian penting skuad arahan Ole Gunnar Solskjaer.

Harry Maguire tidak kehilangan satu menit pun dari 38 pertandingan Liga Inggris 2019-2020. Pemain kelahiran Sheffield itu bahkan didapuk sebagai kapten tim setelah Ashley Young dijual Man United ke Inter Milan pada musim dingin 2020.

Baca juga : Real Betis Tertarik Rekrut Dani Ceballos di Musim Panas 2020

Kehadiran Harry Maguire mampu meningkatkan kualitas pertahanan Man United. Klub yang bermukim di Stadion Old Trafford itu sukses mencatatkan 13 cleansheet dan hanya kebobolan 36 kali sepanjang Liga Inggris 2019-2020. Tentu saja, Harry Maguire berperan sangat penting.

Pria bertinggi badan 174 sentimeter (cm) itu memiliki rasio tekel sukses 62% dari 37 percobaan. Selain itu, ia juga mampu memblok tembakan lawan sebanyak enam kali. Hal paling menonjol adalah kemampuannya membaca arah bola dan permainan yang ditunjukkan dengan 72 kali intersep serta 157 sapuan.

Statistik tersebut sudah cukup meyakinkan Garry Pallister untuk menyebut Harry Maguire bek yang hebat. Performa tersebut sangat pantas untuk dijadikan kapten tim, meski sang pemain tidak memiliki kharisma seperti senior-seniornya.

“Menurut saya, dia adalah pemain yang hebat. Dia berhak mendapatkan ban kapten. Dia adalah salah orang yang rajin berbicara. Dia memang bukan tipe pemimpin seperti Bryan Robson, Steve Bruce, dan Roy Keane,” ujar Gary Pallister, sebagaimana dikutip dari Goal, Kamis (30/7/2020).

“Dia sungguh nyaman ketika memegang bola dan mampu memenangi duel udara ketika bola terbang ke kotak penalti. Dia sangat dominan dalam hal duel udara dan sangat tepat dengan tipe bek yang dibutuhkan Man United,” sambung pria berusia 55 tahun itu.

Baca juga : Man United Punya Senjata Rahasia untuk Gaet Jadon Sancho

Gary Pallister tentu tidak asal bicara. Statistik lagi-lagi menjadi acuan yang pas. Harry Maguire mampu mencatatkan 94 kali sapuan bola dengan kepala. Selain itu, ia mampu memenangi 176 duel di udara. Sedangkan duel jarak dekat, mampu dimenangi sebanyak 240 kali.

Untuk aspek operan, Harry Maguire tercatat mengoper bola sebanyak 2.519 kali atau rata-rata melepas 66 operan per laga. Jumlah tersebut hanya dikalahkan oleh Virgil Van Dijk (3.259 kali) dan Rodrigo Hernandez (2.579 kali).