August 7, 2020

INFO BOLA

Seputar Bola

Juventus Juara Liga Italia Melulu, Presiden Napoli Ingin Format Kompetisi Diubah

Infobola.info – Juventus sukses menyabet gelar juara Liga Italia 2019-2020. Dengan hasil ini, maka klub berjuluk La Vecchia Signora tersebut tercatat telah merajai Liga Italia selama sembilan musim beruntun atau selama lebih dari 3.000 hari.

Menanggapi situasi ini, Presiden Napoli, Aurelio De Laurentiis, nyatanya menginginkan agar format kompetisi Liga Italia diubah. Sebab, jika format kompetisi tetap seperti ini, ia menilai klub-klub lain tak akan memiliki kesempatan untuk meraih gelar juara.

Dominasi Juve yang sudah berlangsung hampir satu dekade dikhawatirkan akan merusak kompetisi Liga Italia itu sendiri. Sebab, liga terlihat menjadi tidak menarik dan akan memberikan pengaruh terhadap sponsor dan hak siar.

Baca juga : Liverpool Diingatkan untuk Tidak Ulangi Kesalahan Tottenham Hotspur

Maka dari itu, De Laurentiis menginginkan adanya perubahan. Adapun yang menjadi usulannya untuk menggelar pertandingan play-off dan play-out untuk menentukan siapa yang akan menjadi juara liga.

“Kami bekerja sama dengan Federasi menuju jalur play-off dan play-out Serie A, untuk memecah konsistensi yang merusak selama sembilan tahun terakhir,” ujar De Laurentiis, seperti dikutip dari Football Italia, Rabu (29/7/2020).

Rencana menggunakan sistem play-off itu sebenarnya sudah ada sejak bebarapa bulan lalu. Akan tetapi, niat awalnya sistem play-off ini digunakan adalah jika liga tak bisa dilanjutkan akibat terjadinya pandemi Corona (Covid-19).

Sistem play-off ini nantinya akan mempertemukan empat tim yang berada di peringkat teratas klasemen untuk saling bertarung, layaknya pertandingan babak semifinal. Tim yang berhasil memenangkan partai final maka akan dinobatkan sebagai juara.

Menurut De Laurentiis, penggunaan sistem play-off tersebut lebih adil untuk menentukan gelar juara. Selain itu, sistem ini juga akan membuktikan tim mana yang benar-benar terbaik. Karena, mereka yang terbaik pastinya bisa memenangkan pertarungan di antara tim-tim teratas.

Baca juga : Man United Prioritaskan Rekrut Jadon Sancho Dibanding Jack Grealish

Sebelum Juventus menancapkan dominasinya yang bertahan selama sembilan musim, tim terakhir yang menjuarai Liga Italia adalah AC Milan. Itu terjadi pada musim kompeteisi 2010-2011.

Kendati demikian, setelah musim 2011-2012, prestasti Milan justru terus merosot. Bahkan saat ini, klub berjuluk Il Diavolo Rosso sudah enam musim absen dari gelaran Liga Champions.